Minggu, 30 Agustus 2015

Ketika Usia 40 tiba


Minggu sore kemarin saya menghadiri taklim mingguan dan tema yg dibahas ustadzah hari itu adlaah keistimewaan usia 40th .

Berikut rangkumannya yg sempat dicatat :

Ada ayat al quran yg mengisahkan keistimewaan usia 40.

Surat 46 : 15 --- > doa usia 40
Rosulullah diangkat diusia 40.

Ada penelitian dr burung elang.burung elang hidup sampai 70thn. Pada usia 40thn burung elang membuat pilihan akan mengakhiri hidup atau memperbaiki hidup.

Pilihannya adalah dia harus melakukan uzlah atau bersembunyi mengisolasi diri selama 5bln . Akan mematuk2 paruhnya agar lepas bulu2nya dia cabuti sehingga tumbuh paruh dan bulu baru . Sehingga bs bertahan 30thn lagi. Itulah kenapa bs sampai ke usia 70thn.

Hikmah dr surat 46:15. Apa yg harus dilakukan orang yg akan dan mulai masuk usia 40thn :

1. Pertama kali adalah bersyukur.
1hari di akhirat = 1000 tahun didunia.
Shalat tepat waktu dan ibadah ibadah lainnya jangan lagi ditinggalkan apalagi diabaikan. Karena sesungguh ya kita hidup hanya 1.5jam usia akhirat. Apakah dgn 1.5jam itu kita bisa manfaatkan utk bekal akhirat?.

2. Birul walidain yaitu berbuat baik pada orangtua kita. Memenuhi kebutuhan orangtua, membahagiakan mereka dan merawat mereka dengan sebaik baiknya.

3. Berbuat kebajikan dan kebaikan kepada anak cucu kita.
Tanda orang yg wafat khusnul khotimah yaitu meninggalkan generasi yg baik secara materi maupun agamanya . Jangan sampai kita meninggalkan generasi kita dalam keadaan miskin papa dan akhlaq yg tidak sesuai quran dan sunnah. Karena doa yg akan diterima Allah hanyalah doa Anak yg sholeh dan soleha. Karena itu kita harus jadi sholeh dulu supaya doa kita utk org tua diterima dan kita wajib mensholehkan keturunan kita kalo mau doa mereka di terima Allah utk kita.

4. Waktunya bertobat .
Imam Al Ghazali (dalam buku ihya ulumuddin): barangsiapa mencapai usia 40thn dan tidak bertobat maka bersiap siaplah masuk neraka.
Jika engkau mencapai 40thn maka perbanyaklah ibadah siang dan malam.

Semoga menjadi bahan renungan dan introspeksi kita pagi ini. Yg sudah usia 40 sdh waktunya bersegera melaksanakan yg Allah firmankan. Yg masih muda bukan berati ga perlu tp lebih baik memulainya sejak dini karena sesuangguhnya sebanyak apapun ibadah yg dilakukan diusia tua tdk akan bisa menyamai ibadah yg dilakukan di usia muda.

Kesimpulannya
Usia muda jangan malas , manfaatkan waktu utk beribadah dan bekerja keras utk usia tuamu.
Usia 40thn segeralah bertobat. Berbuat baik pada klg dan banyak orang. Beribadah utk dirisendiri. Mensolehkan diri dan me solehkan orang lain utk bekal dunia akhirat.

Wallahu'alam

Bekasi, 17 November 2014
Hany Kurniasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISNIS MLM , WHY NOT?

Tarik napasss Hempaskan . . Jadi sejatinya ga ada teman yg bener2 tulus. Sebaik2 nya teman tetep aja ada yg merasa paling suci paling be...