Kamis, 09 Agustus 2012

Ujian Praktek SIM A. Seberapa Sulit?

Prosedur bikin SIM baru harus melalui uji praktek. Berikut yang dapat saya rangkum berdasarkan pengalaman sendiri. Kebetulan lokasi cerita berdasarkan test di SATPAS Daan Mogot Jakarta. Tapi untuk daerah lain, mestinya sih sama2 aja, paling beda2 dikit.

Menurut informasi yang Saya dapat, dan juga googling sana-sini,  ujian praktek tuh cukup sulit untuk dilalui. Apalagi banyak oknum petugas yang rese' shg Anda selalu saja dinyatakan tidak lulus. Subyektif. Tapi kalo Anda beruntung dapet petugas yang bersih, tidak mustahil Anda lulus uji praktek dgn sukses pada kali pertama. (FYI, kemungkinannya keciiiiiiiiill).

Sebagian besar uji praktek pada kali pertama tidak lulus. sebagian emang karena oknum2 petugas test yang rese' karena Anda tidak melalui calo (artinya tdk ada uang buat dia), atau juga karena Anda emang bener2 melanggar rambu2 selama test. Biasanya Anda diminta datang 2 minggu lagi.

Artikel ini khusus buat Anda yang buat SIM A ngurus sendiri ya. Kalo via calo/perantara mah cuma formalitas dowank..... gak bisa nyetir pun lolos. Tapi biayanya khan juga lebih mahal...

Anda ingin coba dahulu agar ujian praktek SIM A bisa lulus? Simak yang berikut ini:
1. Umumnya mobil yang digunakan Toyota Kijang transmisi manual. Ya iya lah, kalo matic enak benerrr....
2. Naik mobil jangan lupa langsung pasang Seatbelt sebelum nyalain mesin. (banyak kasus kelupaan nih pasang seatbelt krn tdk terbiasa. kebetulan saya sudah terbiasa selalu pasang seatbelt sejak dulu kerja di area pertambangan dengan standar safety sangat ketat. jadi tangan udah otomatis langsung narik seatbelt). Kalau Anda lupa, kayaknya sdh dipastikan Anda tidak lulus.....
3. Duduk. Sebelum hidupin mesin, jalan jangan lupa atur posisi Anda. Atur posisi tempat duduk sesuai kebiasaan kaki Anda. Liat kaca spion kiri kanan, bila belum sesuai, bila perlu Anda turun untuk mbetulin spion (terutama yg kiri). Ini penting untuk test parkir......
4. Cek gigi netral, lalu nyalakan mesin.
5. Sebelum bergerak. Anda HARUS nyalain sein ke kanan. Kalao lupa, sudah 1 kesalahan lagi Anda langgar. Aturannya katanya : "Sebelum bergerak, kendaraan harus menyalakan lampu sein".
6. Jalan, pelan2 aja. Paling enak cukup pake gigi 2.
7. Perhatikan marka jalan, jangan sampe memotong cat garis yg tidak putus2. Kalau yg putus2, Anda boleh pindah jalur. Kalau petugas iseng nyuruh ke kanan, jangan langsung di iya in. Balik tanya, "Pak, ini kan marka jalan gak boleh pindah lajur?" gitu. kalau diijinin baru deh laksanakan.
8. Kalau Anda menemukan rambu STOP, baik itu berupa tiang ataupun ada tulisan cat di jalan, sebaiknya anda STOP (stop artinya stop ya, bukannya masih jalan pelan) sebentar. lalu jalan lagi. Biasanya ada di sebelum belokan, dan ada 2 di tanjakan & turunan...
9. Setiap ambil belokan, jangan sampai Anda memotong jalur lawan. Nanti pasti disalahin. Beloklah sesuai jalur belok Anda.JANGAN LUPA SELALU NYALAIN SEIN SEBELUMNYA!
10. Di sana ceritanya ada perlintasan KA (tapi boong2an). Jgn lupa untuk berhenti. Hati2, tandanya bukan berupa rambu tanda XX di sebelah kiri ya, tapi ada tanda cat tanda XX di jalan, trus ada cat2 kayak gambar rel di depannya. Saya aja miss nih di sini.....
11. Trus ada juga lampu merah beneran. Hati2, jgn sampe gak lihat. Kalo letemu pas merah, ya stop dulu....
12. Trus, ada tes tanjakan. Anda mesti stop di tanda STOP. hand brake, pindahin ke gigi satu. Jalan lagi. Ingat! Jangan sampai mundur!. Biarpun sedikit aja mundurnya, pasti disalahin.... Dan juga jangan jangan sampe mati mesinnya, lebih parah lagi kesalahannya....trus pas turunan ada lagi tanda cat STOP di jalan. Stop dulu bentar baru jalan lagi.
13. Test parkir mundur. Nah yang ini harus berada di dalam dua garis seperti umumnya tempat parkir. Sebaiknya langsung pas. LURUS. miring dikit aja biasanya disalahin. Juga jangan kebanyakan maju mundur lagi. Tips: gak usah buru2, pelan2 aja liat spion kiri/kanan. Yg penting lurus.
14. Test parkir paralel. Ini rada susah. masalahnya panjang tempat parkirnya pendek sekaleee.... saya sempet protes juga "kok pendek banget ya pak".  "emang segini kok". Nah Anda cuma dikasih kesempatan DUA KALI maju/mundur. tips: buat yg biasa nyetir pasti tahu kalo parkir paralel tuh jangan hidung mobil maju duluan, bakalan susah. Tapi anda lewatin dulu duh tempat parkir sambil ancang2 mundur. lalu mundur ambil maksimum jangkauan. lihat spion kiri kanan. mundur sampe pol. Hati2, mentok di belakang. Lalu maju dikit2 sambil nglurusin. Sebaiknya bener2 lurus dan di dalam garis, kalo gak disalahin tuh.....
15. Ada juga marka zebra cross. Sebaiknya pelan2 lewatinnya, kalo kebeneran ada orang nyebrang. Stop dulu.
16. Di daerah lain, setau saya ada tes maju zig-zag nglewatin patok dan juga mundur zig-zag ngelewatin patok. Patoknya tuh biasanya deket2 bgt loh ya jaraknya. Nah disini keahlian ngeliat spion mesti lihayy. Kalau maju sih mungkin Anda bisa. Tapi pas mundur... hhmmm mesti ada tips : mundur pelan2, begitu anda liat patok kanan usahakan sedekat mungkin dgn body belakang kanan. lihat spion kanan, begitu udah lewat +- 1/2 body, langsung banting abisin stir ke kanan. trus sambil lihat2 patok kiri, lakukan hal yg sama. Tips : jgn terlalu jauh kelewatan patoknya baru banting stir, pasti tekor.... gak nyampe buat patok selanjutnya.

Kira2 segitu deh testnya. Kalau ternyata Anda dinyatakan tetap gak lulus meskipun udah coba berkali2. Wah berarti Anda emang sedang dalam permainan oknum2 petugas. Kalau Anda berani ngotot untuk minta ketemu PAUR UJI Praktek, biasanya oknum petugas tuh agak2 takut. 

Tapi kalo Anda tidak punya waktu luang, setelah Anda dinyatakan tidak lulus,  yah terpaksa cari jalan belakang deh. Kisarannya 100 s/d 150rb. Kertas tidak lulus Anda, pasti diganti jadi Lulus. Ajaib. puffff....Indonesia.
Selamat mencoba.

11 komentar:

  1. Artikel yang bagus.. izin share di http://www.ujiansim.ekajayaberrindo.com ya sist ;) sukses selalu...

    BalasHapus
  2. gan saya gagal di prakteknya, ada tips lain hak untuk parkir mundur yg serong?? saya gagal di situ,,, untuk teori alhamdulilah langsung lulus hehe

    BalasHapus
  3. Wah serem nih,
    Buka linknya
    http://dmgmebeljepara.com

    BalasHapus
  4. Wah serem nih,
    Buka linknya
    http://dmgmebeljepara.com

    BalasHapus
  5. Saya ujian teori lulus dg nilai 24 , soal2 ada di google buka aja disana dan pelajari ,untuk ujian praktek 2x msih gagal krn mundur zig zag agak susah , jk nnti ke 3x gk lulus juga mungkin saya ini kebangetan banget deh.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

BISNIS MLM , WHY NOT?

Tarik napasss Hempaskan . . Jadi sejatinya ga ada teman yg bener2 tulus. Sebaik2 nya teman tetep aja ada yg merasa paling suci paling be...