Kamis, 09 Agustus 2012

Bikin SIM urus sendiri lebih murah.

Ini kisah yang ditulis Mas Agus (my husb) waktu dia membuat SIM. Dengar2 sekarang bikin SIM urus sendiri mudah, malah pernah ditayangkan prosedurnya di salah satu stasiun TV (waktu itu TransTV) diacara Reportase gitu deh...

Tapi apa benar sekarang polisi sudah profesional n ga terima suap? Kita baca aja kisah ini n find out the answer...

Bikin SIM A

6 sept 2007
Hari kamis sy berniat bikin sendiri SIM A tanpa perantara/calo/agen.Sampe parkiran motor jam 9.00. Begitu turun berjalan ke gedung utama,tawaran "pengurusan SIM" datang dari orang2 yang kumpul dekat parkiran.
Dengan halus saya tolak.
Masuk gedung utama, di pintu masuk dikasih brosur pengurusan sim. Baca sebentar,tapi sy udah baca pengalaman orang di sini ...
mfahmia2705.blogspot.com/2006/06/membuatmengurus-sim-sendiri-itu-murah.html
Langsung sy menuju loket pemeriksaan kesehatan. KTP asli, ph copy KTP dan uang Rp10rb.Selanjutnya tes kesehatan mata, buat yg sehat pasti tidak kesulitan. Tapi saya lihat bapak tua agak kesulitan tuh. entah gimana kelanjutannya ...
Tunggu hasil kesehatan +-15 menit. langsung ke loket asuransi, di sini bayar Rp 15rb.Lalu ke loket sebelahnya utk beli formulir baru, Rp75rb. Di sini, daftar tarif tertempel di setiap loket.
Isi form lalu menuju ke gedung belakang, di sini diperiksa hanya utk orang2 yg mao bikin Sim aja yg masuk, ditunjukkin tuh formulirnya. Dikasih kartu pass masuk.
Serahin formulir ke loket SIM A baru, disini saya serahin berkas, tapi si Ibu petugas minta Rp 10rb.
Saya tanya "ada kuitansi bu?"
"gak ada pak?" Namanya Ibu J.
Saya baca di blog link di atas sih mestinya gak usah bayar, dan juga di loket gak tertempel tarif spt di loket2 sebelumnya.
Wah si Ibu nih gimana, sampai kapan POLRI profesional?.... manfaatin ketidaktahuan orang....
lalu naik ke lantai 2 utk ujian teori. Sy maonya ke ruang tes komputer, tapi penuh, sy tunggu bentar, tetep penuh. dan selalu diarahkan ke tes manual. Wah tadinya mo bersabar dikit utk tes di ruang komputer, tapi di ruang sebelah tes manual udah mo mulai, jadinya ke sono deh.
tes teori manual, penjelasan dari Pak polisi bla bla bla, cara ngisinya.soal 30, waktu 20 menit. Syarat lulus betul >= 18.Selesai kumpulin, lalu tunggu hasil. Agak lama juga di sini, yg nunggu juga buanyak.+- 30 menit, dipanggil, hasilnya gak lulus, cuma bener 15.

Saya komplain,
’hah kayaknya sy yakin lulus pak, boleh lihat saya salah di mana?’, disuruh ke loket 37 di lantai 2.
Naik ke atas lagi lt 2, cari2 R.37, muter2 gak nemu. Tanya orang, hla ternyata ruangannya gak ada nomernya, cuma staff ujian gitu.Masuk, tanya sama staff baju putih.
"Pak, saya mao lihat hasil test saya?", diminta kertas saya utk lihat nomer.
Trus di bilang, "tunggu ya 1/2 jam lagi, cari berkasnya dulu". tunggu lagi, tepat jam 12 saya masuk lagi.
"Pak, udah jam 12 nih".
akhirnya diambilin, trus saya dihadapkan ke Pak m (polisi, pangkatnya apa yah, ada dua gelombang di pundak). dikasih lihat tuh kertas jawaban saya ama kunci jawaban bolong2.
"Hla, kalo pake cara gini mah, kagak usah pake pensil 2B toh Pak".
Saya disuruh ngitung, emang sih cuma 15 yg betul.
"Baru sekali test ya?" si Polisi tanya.
"Iya!. Baru satu kali Pak...." (maksudnya ?????)
tapi saya agak kurang yakin tuh...jangan2 jawaban saya digonta-ganti, khan gampang banget, tinggal apus, trus di pas2in deh biar cuma 15 yg betul. tapi saya sulit mbuktikannya.
Tips: kalo jawab yg kereng bener aja biar susah ngapusnya.
Saya tanya, "trus tgl 17 sep sy balik lagi ya pak, tapi saya maonya tes komputer".
"Iya balik tgl 17 tapi ke ruang sini dulu ambil berkas". gitu katanya. nanti dibantu.... (maksudnya??????)....

Ya udah saya balik deh ke kantor, eh makan nasi padang dulu denk sama uda di pojokan.
mo diniatin mo belajar ujian teori sim, trus kalo ngulang ujian lagi manual, pengen deh jawab pake pulpen biar gak
digonta-ganti (tapi ntar di diskualifikasi sama pak pol.. huh),tapi sy udah keukeuh kalo ngulang harus di ruang ujian komputer.. puufff


17 Sept 2007
Hari ini saya ke Satpas Daan Mogot untuk melanjutkan proses bikin SIM. Sebelumnya saya sudah mempersiapkan diri dengan membaca buku ujian teori SIM yang saya punya.
FYI, saya punya 2 buku kumpulan soal teori ujian SIM A, SIM C dan juga SIM B. Kurang lebih 500 macam soal dan juga tentunya kunci jawaban di akhir. sy baca selewatan aja, tapi yakin kalo keluar lagi mah bisa njawab pastinya.
Sampe parkiran Daan Mogot jam 8.30, trus langsung ke gedung belakang, ambil kartu pas lalu duduk sebentar. masih sepi rupanya. lihat2 ada jadual test teori jam 9.30. Iseng2 langsung ke lantai 2, tempat ruang ujian teori SIM. Masuk ke ruang ujian teori komputer.
Kali ini saya gak mau lagi yg manual!!. Saya masuk, ada 2 orang yang jaga pakaian sipil, satu bapak, satu ibu. sy lihat ada yg lagi ujian komputer 1 orang.
 "pagi bu, saya mau ujian teori"
"di ruang sebelah!" sambil nunjuk ruang sebelah.
"saya mau yang komputer bu!"
"sini coba lihat formnya"
dia teliti form saya, yg memang polos gak ada "coretan2 sakti". saya udah lihat yg lewat calo, ada kode2 angka dilingkarin dan juga angka2 lain di form nya, dijamin lulus.
pas dilihat form saya,dia tetep bilang, "di ruang sebelah Pak".
"saya tetep mao ujian komputer bu"
si ibu marah2."yang punya aturan siapa!"
"yang pertama kan ujian manual, ngulang harus manual. nanti berkasnya gak ketemu!"
"kan saya cuma tanya bu?"
"sudah sono ke pak m, ruang 37"
saya ke loket 37, tanya "misi bu, pak m ada?"
"di ruang sebelah pak".saya ke ruang depannya.
"saya cari pak m pak" sama orang sipil di situ.
"itu" dia lagi nerima telpon.
"pak, sy mo ngulang ujian teori sim, tapi mao yg komputer, di suruh ke bapak...."
"sini, mana kertasnya!". trus dia ngasih paraf deh di situ.
"sudah sana ulang ujian"
"trimakasih pak"

hla, kata ibu sipil di r.komputer, katanya berkasnya bakal susah kalo pindah dari manual ke komputer, ternyata cuma di paraf doank..... ah si ibu... puasa-puasa kok ya gitu sih...menurut sy mah berkas mah ditaruh di tempat yg sama atuh.
"udah bu, boleh ujian komputer kata pak m saya pake komputer yg mana?"
"terserah!!!" masih sebel...ya udah, sy pilih satu yg didepan.
pertama kali nih, ujian teori Sim komputer, tinggal isi no pendaftaran kita, eh udah muncul tuh nama sy di komp. soal 30, waktu 15 menit. sy santai aja, soalnya udah pede....
selama ngerjain, ada orang mao test di r.komp ditolak juga sama tuh si ibu, diarahin ke manual.pufff. sama kayak saya pertama kali dulu.
lulus, tapi kok cuma bener 20, kayaknya yakin deh..... aah mungkin emang ada soal jebakan, yg penting lulus.
 "sudah bu"
"berapa, skornya cuma 20 nih, mestinya kalo ngulang 26 donk, itu tadi ada yg baru 1 kali ujian bener 22"...
saya diem aja.trus diminta deh tuh form saya.
"tunggu di depan loket 5"
"ok bu. maafin sy bu ya kalo tadi bikin kesel..." basa-basi dikit. bikin cair. lagian kenapa sy dilarang2 ujian komputer. khan hak saya milih yang mana.
 "hhmmmm,iya....."
he he. udah ademan tuh ibu. kan sy udah minta maaf... meskipun sy tidak sepenuhya salah toh. ah sudahlah.
saya tunggu di depan loket 5. nunggu. loket belon buka, trus sy lihat ada kloter ujian manual selesai. nama sy dipanggil
pertama, lulus. hla aneh, padahal bener 20, tapi cuma ditulis 18 lulus. payahhhh..

 
trus ke tempat praktek, bayar 10rb buat sewa mobil. sy kali ini juga udah siap hati kalo harus ngulang. sy nikmatin aja.
Dikumpul di lapangan, waktu itu ada 4 orang. trus 2 petugas tuh ngecek form. kali ini, cuma sy yg gak ada kode sakti di form. yg lain ada, sy tanya emang dia udah nyogok 300rb waktu selesai ujian teori... phufff. Kalo sy liat tuh, orang2 yg via calo atu koperasi atau kolektif atao jasa-jasa lainnya yg buanyaak nawarin tuh ada kode2 angka dilingkarin dan juga kode2 angka tertentu lainnya. sayang sy gak sempet photoin. alhasil yg ada kode sakti mah cuma formalitas doank an...............
ada briefing bentar. basa-basi. sy dipanggil duluan. kali karna sy yg gak pake calo.ujian praktek. sy duduk, atur tempat duduk, pasang safety belt, cek gigi ke netral. start.jalan.
"ke kanan, nanjak".sy ikut perintah, lancar. saya tunggu instruksi selanjutnya. kok diem aja sih. biasanya ditanjakkan berhenti. ya udah sy jalan terus. turunan. belok kiri, puter ke test parkir.
"test parkir pak"
"gak usah. udah banyak rambu yg dilanggar" emang sih pak petugas tuh kok tampangnya jutek bener yah....saya belon ngotot macem2. krn tau, pertama kali 99% gak dilulusin. wong subyektif sihh.saya balikin mobil ke tempat semula.
"matiin tuh mesin. gimana mao lulus. kumpulin sono ke loket 11"
emang sih sy gak matiin mesin waktu mo turun. wong gak  disuruh, kirain mah mo dipake orang selanjutnya...sy bawa form ke loket 11, ada nilai 50. kayaknya gak lulus nih. bener dipanggil,
"bapak ulang lagi tanggal 3 oktober ya".
sy lihat di form kertas biru uji praktek. gak lulus, tp gak ada nilanya.

 
ya udah, cabut. gak sampai 2 jam kayaknya di sono..... 3 orang temen barangan uji praktek sih kayaknya pasti lulus tuh, tapi males ah ngeliatin tuh orang.
pengin cari2 lagi referensi ujian praktek, googling lagi dah......
kayaknya kalo ujian praktek nih subyektif banget dah, kalo di ujian teori sy ngotot minta di r.komp spy obyektif. soalnya kalo tadi ngulang teori sistem manual, gak yakin dah bakal lulus lagi. soalnya ada yg pernah 3 kali ngulang sistem manual. belon lulus juga....
hmmm. kalo ujian praktek gimana nih, biar obyektif?????
suap petugas tes praktek?? ragu-ragu. sy tetep pengen jalur normal. gimana nihhhh.. tolongin sy donk pak kapolri...

lihat2 tulisan di blog
" Sementara untuk membuat SIM, ada sedikit ‘keringanan’, yg tentunya bukan dijadikan pembenaran untuk melakukan suap. Jadi begini, untuk kasus membuat SIM, USAHAKAN SEMINIMAL MUNGKIN MELAKUKAN SUAP. Sebagai contoh, membuat SIM itu ada 2 macam,
yakni membuat sendiri dan diuruskan oleh orang lain (calo). Nah, para ulama yg aku ajak obrol+diskusi, mereka sepakat bahwa orang yg membuat SIM yg diuruskan oleh orang lain (menggunakan calo) maka akan terkena hukum suap, insya ALLOH, masuk neraka.
Hal ini dikarenakan calo yg membantu membuat SIM akan MENYUAP para polisi agar si pembuat SIM dimudahkan membuat SIM, seperti tidak perlu ujian teori, ujian praktiknya diluluskan (tanpa ujian, adapun jika melakukan ujian praktik maka itu formalitas semata), dst dst. Sementara jika membuat sendiri, kemudian terhambat di ujian praktik lalu mesti membayar (menyuap) polisi agar bisa lulus, pendapat para ulama ini terpecah. Ada yg tetap mengharamkan, karena itu tetap masuk praktik suap. Ada yg membolehkan dg alasan kondisi darurat, bahwa sistemnya ‘mengharuskan’ suap utk lulus dari fase itu. Meskipun demikian, mereka tetap menyarankan bahwa suap itu merupakan jalan terakhir yg dilakukan, apabila misalnya telah melakukan ujian praktik dg baik (kemampuan cukup baik) namun polisi2 itu tetap ‘menggagalkan’ usaha para pembuat SIM untuk mendapatkan SIM dg cara yg ‘halal’."
http://tausyiah275.blogsome.com/2006/10/25/ketika-bertemu-sistem-yang-korup


bersambung di tgl 3 oktober. semoga dimudahkan Alloh. semoga bapak2 sadar. suap itu dosanya besar pak... amin.

*********

3 oktober 2007
hari ini ke daan mogot lagi, sampai sana sekitar jam 9.30. sudah agak ramai. saya langsung ke lapangan untuk ujian praktek.ambil form lagi, sewa mobil. bayar 10rb.
"kok bayar lagi pak?", saya tanya....
"iya, bayar lagi sewa mobil pak."......
ya udahlah. trus ke lapangan ngasih form ke petugas. kali ini yg jaga beda orang lagi.saya kasih form, trus sama petugas diliat.
"wah ngulang ya? sini test duluan............"
saya langsung test. disitu ada beberapa orang yg udah nunggu. tapi emang sih kalo via perantara tesnya borongan, alias naik mobil rame2 yg nyetir cuma 1 orang. nah saya di tes beneran nih.naik mobil, duduk, pasang seatbealt, atur tempat duduk, liat2 lampu spion udah pas ato belon. cek gigi netral, idupin mesin. jgn lupa sebelun jalan kudu nyalain lampu sein kanan. kalo gak pasti disalahin....

jalan muter-muter. saya liat rambu2, gak motong marka jalan. ada stop, harus stop, ada lampu merah, nunggu ijo. brenti di tanjakkan. stop. rem tangan dimainin. jalan lagi. mulus. trus turunan, stop lagi bentar, trus jalan lagi.
pak petugas yg ngetes dieeem ajah.... jalan lagi muter.
"yak, cukup. bapak gak lulus. maksimal boleh 2 salah, tapi bapak udah 3 kali salah".
"2 kali nglanggar perlintasan kereta api dan satu kali belok gak pake sein."
hmmmm, sy coba inget2 perasaan setiap belok sy pake sein deh.....
"bapak udah lancar nyetirnya, tanjakkan mulus. tapi tetep gak lulus"

trus rambu perlintasan  KA yg mana tuh?...... sy coba inget2, aaahhh kayaknya ada tanda silang di jalan deh, tapi bukan di pinggir spt perlintasan KA pada umumnya.
halah ya sudahlah, emang bakalan susah kalo tes praktek. subyektif. 
"maaf pak, sy bisa minta tolong?" hati-hati....
"wah kalo minta tolong, tadi di atas harusnya?" sambil nunjuk ke arah loket.....
 "kalo sy minta tlg sama bpk, bisa pak?"
dia diem aja.....kayaknya gak mau nih petugas. salut deh....
"jadi gimana pak?"
"ya udah skr kumpulin di loket, trus nanti cari pak r. orangnya yg nanti manggilin berkas..."
he he akhirnya ngomong jg tuh pak petugas....

sy liat di form dikasih nilai cuma 60. tidak lulus lagi. padahal jam terbang nyetir sy udah tinggi nih. udah lintas jakarta, jawa, dan kaltim. dulu sy punya sim A kaltim. udah mati. emang sih selama ini nyetir bawa2 SIM udah mati, tapi aman2 aja tuh. he he he
kumpulin form, tunggu bentar. sy perhatiin sekitar, wah kayaknya banyak rombongan yg bikin sim pake perantara, yah gitu deh diatur2 kayak kerbo di cucuk idung.
yak nama saya dipanggil. "bapak ngulang lagi tgl......."
buru2 sy potong. "pak r yg mana yah?"
"ya. saya".....
"saya boleh minta tolong"
"hmmm,tolong ke pojok sana pak....."
negosiasi cukup alot. minta rp 170rb. wah sy tawar 100rb. akhirnya deal di angka 150rb. ya udahlah.maafkan sy. sy tidak bermaksud suap.......
hasilnya mujarab, kertas tidak lulus sy diganti, diganti sama yg baru alias lulus.


 
mungkin kalo sistem tes praktek tdk pake manusia, tapi pake simulator canggih, gitu. jadi yg nentuin kelulusan ya sistem itu. wah bisa obyektif nih. kayak tes teori di r. komputer.
ya udah selanjutnya, tinggal photo loket 13 s/d 16 , trus tunggu di loket 30.selesai deh sim hari ini.

total biaya:
kesehatan 10rb
bank 75 rb
asuransi 15 rb
loket data 10rb (mestinya ini gak usah dikasih... tapi si petugas usaha tuh....)
sewa mobil 20rb (2 kali tes)
mr. r 150rb (weh paling mahal nih...hiks)
total 280rb
ditambah parkir 3 kali dateng, +- 6rb perak.
hmmm apalagi yah. udah kayaknya......
yah lebih murah dikit deh, dibanding via perantara, rata2 400rb s/d 500rb.

Moral of the story:
1. Jangan percaya sama tulisan gede2 di Daan mogot yg "Uruslah sesuai prosedur, jgn lewat calo...bla bla bla"
2. Kalo mao lebih murah, coba urus sendiri. memang waktu lebih panjang. tapi dinikmatin aja lah. kayak orang di plonco gitu loh... lagian juga ngetes mental diri sendiri. seberani apa anda.......
3. Polri tempat SIM masih seperti dulu..... mestinya pembuatan SIM diserahin ke swasta profesional, akuntan publik, atau apa yah yg bisa profesional. 

Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. ternyata memang harus nyogok juga.....huuufffff ....

    BalasHapus
  2. Setuju...memang pmbuatan sim di Indonesia kacau,apalagi kalo praktek, pantes banyak kecelakaan di Jalan, ujian praktek boleh aja Susah tapi mesti yang mengedukasi calon pembuat sim, harusnya dilimpahkan ke pihak swasta, biaya mahal sama lama juga ga pp, yang penting pemilik sim mengerti bagaimana menjadi pengendara yang baik, kalo praktek cuma maju mundur sama parkir diruang sempit bukan mendidik tapi nyuruh sirkus ITU,,,mestinya sebelum ujian pembuatan sim baru ada trainingnya dulu baik teori atopun praktek, wajib hukumnya,,,supaya ga banyak polisi masuk neraka

    BalasHapus

BISNIS MLM , WHY NOT?

Tarik napasss Hempaskan . . Jadi sejatinya ga ada teman yg bener2 tulus. Sebaik2 nya teman tetep aja ada yg merasa paling suci paling be...