Kamis, 28 November 2019

PERNIKAHAN vs BISNIS

Semangat pagi

Di hari minggu ini yg ga terlalu panas dan ga hujan juga, cuaca yg adem semoga bisa mengademkan suasana . Tapi bukan meng ademkan semangat utk naik level donk ya. 🎯

Aku menemukan tulisan ini diberanda FB. Yg nulis aku kenal krn donlen  aku sendiri  Febrisha Laurina di kedalaman Leg 1 jaringan Ika Kartika Stanie. Tulisannya bercerita tentang bagaimana menjalankan pernikahan.

tulisan febi bisa dibaca disini
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2511730419060872&id=100006718152072

Buat ku ini tulisan yg sangat 'menampar' meskipun mungkin ditulis dgn bahasa yg biasa saja. Tapi kl di resapi bisa menohok diri sendiri.

Tulisannya berisi tentang bagaimana kita menjalankan pernikahan, berapa tahunpun usia pernikahan yg sdh dijalanin tapi sungguh yg namanya nikah itu beda dgn pacaran. Kalau yg pernah ngerasain pacaran sblm nikah mungkin  ketika kita lagi kesel sama pacar, bete, cemburu, marah dll. Kita bisa dgn mudah bilang
putus ah,
udahan,
ga usah nelpon2  lagi,
Ga usah jemput lagi
Dan sebagainya. Maaf kl literasi pacarannya kurang krn aku ga ngalamin 😄.

Berhari hari bisa ga ketemu menghindar. Kita bisa tidur dirumah sendiri tanpa mesti liat muka org yg bikin bete.🤣🤣🤣

Kita bisa dgn mudah 'lapar mata' cari gebetan baru, pedekate ama gebetan lalu jadian . Begitu terus berulang2 sampe nyari yg cocok. Selama janur kuning belum melambai sah sah aja cari calon pendamping hidup baru.

Tapi menikah enggak.
Saat hati kesal
Marah
Cemburu
Atau ada masalah sama anak, sama mertua, sama org tua, sama ekonomi rumah tangga, uang belanja habis, spp anak nunggak 3bulan, cicilan belum dibayar, listrik habis pulsanya, hp ga bisa nyala  bbm naik tinggi susu tak terbeli🎤🎼🎤 ( yg trakhir ga usah pake nyanyik bacanya) 😄.

Dannn banyak lagi masalah pelik dirumah tangga. Kita sbg suami/ istri ga bisa serta merta bilang,
Kita pisah
Kita cerai
Kita udahan
Karena tetep aja musti tidur seranjang meskipun mungkin punggung2an,
Tetep aja besoknya musti bangunin anak sekolah ,bikinin sarapan, anter jemput anak dsb. Tetep aja musti ngais rejeki.

Bener banget seperti yg ditulis sama Febi. Dlm rumah tangga mau tak mau ya harus di cocok cocokin, kl ga bahagia ya dibikin bahagia gmn pun caranya, kl ga suka , marah sedih kesel ya diomongin biar ga jadi bom waktu yg meledak. Intinya kedewasaan dan kematangan suami dan istri. Nurunin egonya sendiri. Apalagi kl dah ada anak. Ga bisa lagi mikirin diri sendiri. Masa gara2 kesel trus kabur dr rumah trus balik lagi kan nelen ludah sendiri. Kudu mikir 10.000 x efek perbuatan kita sendiri.

Itu seperti itu gambaran nikah.
Sama halnya dgn berbisnis.

Saat baru daftar sebgai member baru mungkin kayak pacaran. Belajar suka sama produknya, belajar mendalami bisnisnya, belajar apa yg boleh dan ga boleh dilakukan dibisnis, belajar gmn harus menjalankan bisnis sesuai prosedur dan kode etiknya.  Belajar jatuh cinta deh. Kalau irg jatuh cinta kan tiap hari diomongin, tiap hari pingin ketemu, nelpon, denger suaranya. Tapi org pacaran emosi pribadinya sering muncul disini dan member baru ibarat org pacaran itu ya ringkih.

Barang telat datang trus ngambek.
Diajak baca ebook atau materi trening males.
Diajak praktek ilmu2 dasar , ga mau.
Barang ada yg cacat atay kurang langsung ngomel2 .
Bahkan utk sekedar chat ngobrol , baca chatingan di grup aja ogah, males baca. Cuma discroll aja.

Besoknya ga pake asap ga pake api tau2 ilang, tau2 ga bisa dihubungi, pas nongol brandingnya udh bisnis lain dgn semangat 45. Jadi kayak orang pacaran abis marahan cari gebetan lagi. Ga merasa cocok dgn bisnis yg baru seumur jagung trus bilang ga bakal sukses disini lalu cari bisnis lain yg ngerjainnya jauh lebih sembangat dr sblmnya.

Wajar ga sih?
Ya wajar kl menurut aku. Namanya aja org pacaran. Yg pacaran blm tentu suka beneran bisa aja cuma krn ga enak, Kesemsem doank , kena php doank. Begitu juga member baru yg gampang pindah kelain hati, ringkih utk di ajarin ya wajar. Belum matang motivasinya. Belum mau belajar jatuh cinta ama bisnisnya. Jadi gampang di ajak main mata sama org lain yg ngiming2 bisnisnya lebih enak, lebih santai, lebih cepet sukses dan lebih2 lainnya.

Lalu apa ujung dari tulisan ini sih?
Ujungnya aku mau ngomongin tentang member oriflame yg sudah bulanan bahkan tahunan bergabung dan bergelut di bisnis ini.

Udah pernah lolos dari masa masa ringkih sebagai member baru.
Udah paham impiannya apa.
Udah tau jalan yg harus ditempuh seperti apa.
Udah berhasil membuahkan kesuksesan2 kecil seperti hadiah barang, naik level, bonus uang, jalan jalan.
Udah ngerasain pait manisnya , up and down dan tantangan2 nya di bisnis ini tuh apa. Artinya member seperti ini ibarat hubungan adalah yg udah nikah. Kita udah nikah sama bisnis kita. Pantang mundur sblm sukses.

Sedih , bahagia, pait, manis semuanya makanan sehari hari. Bukan ketika kita lagi down, rekrutan ga pada belanja, downline pada mundur, level lagi turun, duit lagi cekak trus kita dgn mudah bilang aku off dulu ya mba, aku berhenti deh, atau aku jadi seller dulu deh. Nanti kl udh naik jaringanku baru aku aktif lagi. Lah emang yg mau aktifin dan bikin growing jaringannya siapa? Upline?
Helowwww

Upline bukan care taker yg menghandle semua kesulitan kita lalu kita datang setelah bisnis kita ontrack lagi tinggal di kasih ucapan selamat dan papan rekog sambil dielu2kan. Upline itu patner. Ibarat nikah ya pasangan . Susah senang senep nya ngejalanin bisnis ya di rasakan sama sama, di enak enakkin, di cari solusinya, di perjuangkan impiannya. 

Member yg udah tahunan di bisnis ini ibarat nikah ya udah tahunan, harusnya tau gmn memotivasi diri sendiri, tau membedakan kapan harus fokus kerja, mana emosi yg harus di singkirin. Lebih dewasa dlm menghadapi segala masalah ga dikit2 ngambek, down, ilang, tau2 cari patner bisnis baru. Kerikil2 dalam rumah tangga sejatinya menjadi penguat ikatan dan cinta pasangan dan keluarga. Begitupun bisnis. Up and down nya adalah cerita manis yg nanti akan kita tangisi, kita kenang, kita tertawakan krn kita begitu ringkih kekanakan dan emosional.

Menikah itu ibadah sepanjang hidup . Mau seperti apa akhir pernikahan yg kita impikan, mau dibawa kemana pernikahan yg kita idamkan tergantung kita.

Aku ga berani bilang bisnis juga ibadah krn aku bukan ahli hadits dan quran. Tapi bekerja meraih rejeki juga ibadah, istri bukan tulang punggung itu benar tapi istri yg membantu suaminya mencari rejeki maka nilai pahalanya juga sedekah bagi sang istri. Mau dikenang sbg apa kita kelak dalam bisnis ini?

Looser? Pecundang?
Penakut?
Ga amanah?
Ga berani mimpi?
Pemalas?

Atau
Leader yg amanah?
Bertanggung jwab?
Selalu memotivasi?
Selalu siap utk donwline?
Leader yg membantu menjadi kepanjangan tangan Tuhan utk mengubah hidup banyak donwline?
Upline yg inspiratif, yg pantang menyerah, yg ga pernah down dan tau gmn membangkitjan diri sendiri?
Yang setia berdiri utk siapa saja yg datang sementara sudah banyak yg berhenti dan mundur teratur?

Semua tergantung kita ko.

Kita menikah sama bisnis
Atau cuma pacaran ?

Kalau memang menikah ya jalankan sampai tujuan akhir tercapai. Sudah sejauh ini perjalanan jatuh bangun , air mata dan pengorbanan apakah akan kalah dan sia sia? Semua ditangan kita sendiri.

Sekian

24 Nov 2019
- Jatimelati bekasi -
Hany Kurniasari
Wa 085616294305

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISNIS MLM , WHY NOT?

Tarik napasss Hempaskan . . Jadi sejatinya ga ada teman yg bener2 tulus. Sebaik2 nya teman tetep aja ada yg merasa paling suci paling be...