Selasa, 18 Desember 2012

Pernah Bisnis Kuliner kayak Saya?

Ga banyak yg tau bahwa sblm aku biz Oriflame sebenarnya aku dah pernah ngerjain bbrp bisnis juga. tapi semuanya ditutup dgn sukses :D
Dipikir2 mungkin emang udh jalannya seperti itu, Alloh ngasih banyak tempaan termasuk rugi materi yg harus aku alami dulu sblm akhirnya jatuh cinta sama biz Oriflame.


Salah satu biz yg pernah aku gelutin 3thn adalah biz kuliner. Aku pernah lo selama 3thn masa kontrak ngejalanin yg namanya buka fudcourt. Kebetulan aku sama suami suka jajanan2 ini. Dan akhirnya kita beraniin buka warung makan.

Ide awalnya krn suami suka banget ama masakan khas makassar yaitu sop konro dan coto buatan mamaku. lalu kita idein deh utk di jualin. Jadinya resep dari mama dan aku yg jualan. Bair rame tambahin juga waktu itu ada es pisang ijo, burasa, bakso, dan mpek2 palembang. rada beda dikit ya hihihi gpp juudlnya semua jajanan favorit.

Nentuin tempat waktu itu krn ga sengaja pas beli martabak didekat pintu toll jatiwarna eh ko liat space yg pas buat jualan berderet ama itu martabak. ya udh tanya2 deh dan ketemu ama owner temapt dan sepakat sewa dulu setahun didepan. Mulai lah waktu itu brainstorming ama suami dan mama, kebutuhan apa aja yg diperluin utk dagang. mulaii dr alat makan, kulkas, freezer, lemari kaca, temapt cuci piring smapke ke alat pel dan kompor segala. Sepakat lah waktuitu belanja di Pasar Senen krn pilihannya komplit dan hargany amasih bisa ditawar. Kelar belanja lanjut bikin yg namanya buku menu, kudu masak dulu biar ada foto makanannya , nah dicoba deh smabil tester rasa. Fix lah . Lanjut sepakat mau masuk barang ke lokasi, sekalian beberes, pasang pamflet, dan spanduk diluar dan didalam lokasi. seltelah itu kita mulai cari pegawai.

Soal pegawai sempet yg namanya gonta ganti. Tadinya udh cocok pake 2org, smape kita trening dulu mereka berdua, eh bbrp bulan kmdian mrk kluar dgn bbrpa alasan, ganti deh tuh, cari lagi pegawai baru, trening lagi, kluar lagi, ada pengurangnan dan penambahan pegwai sering jg terjadi.

Up and down nya bisnis kuliner mulai kita rasakan. Waktu tahun pertama itu branding dulu. Awal2 bulan masih sepi , lama2 rame, orang mulai suka dan puncaknya ketika bulan puasa kita sampe kelimpungan melayani orang yg datang. Mau g amau aku dan suami terpaksa ikut turun juga. Omset sebulan ditahun pertama itu merambah naik muali dr 3 jt/ sampe pernah 10jt/bln. Buat aku segitu udh banyak. dan udah ngos ngosan karena selama 3thn itu aku dan suami ga pernah ada istirahat. Setiap pagi suami sblm bergkat kerja udh ngacir kepasar beli bahan baku. abis itu anter aku dan drop aku di fudcourt .

Kalo pagi aku pasti standby di fudcourt utk pembukaan warung, mulai dr liatin pegwai ngepel, ngelap2 dll. aku biasanya meramu bumbu dan bahan baku utk stok dijual hari itu. kl udh kelar aku suka duudk ngobrol dan bantu melayani org smape jam makan siang. Selesai ikut aku pulang. G ajarnag aku harus bawa syahmi/ sahlan. sering mereka jadi makan siang di warung juga hehehe...
Malam hari jam 9 malam saat waktunya tutup aku dan suami harus kembali ke warung utk penutupan, itung bon cek stok dan beberes. Rasanya luar biasa cape badan. tapi kepuasan nya adalah ketika waktunya gajian itu aku bisa memberikan gaji buat pegwai2 ku dari tanganku sendiri. Rasanya luar biasa emang the power off sedekah.

Mulai merasakan gejolak penurunan jelang tahun ke 3. Karena lokasi makin sepi dan persaingan antar pedagang. secara disitu yg julan campur2 ada yg julan masakan jawatimuran, jualan maskaan aceh, jualan martabak dll. ada juga loh ternyata sikut sana sini, nilep duit warung, dan macem2 yg suk abikinpusing kepala wkwkkwkw.... danmakin ga terurusnya ketika Aku mulai hamil dan lahiran safina dulu, ditambah safina yg sakit2an. Aku ga bisa setiap hari ke warung, dan disitu warung udh mulia kayak hiudp segan mati tak mau. stok mulai tak terkontrol, rasa juga udh di komplain langganan. duuhh pusingg benerrrr deh. mana suami ga mungkin all out kan dia sibuk ama kerjaan kantornya juga ga tentu bisa pagi2 dan malam ke warung.

Mau tutup juga waktu itu ga mungkin karena saat itu udh terlanjut perpanjang kontrak. Ya sudah the show must go on dgn sisa sisa yg masih ada . selama setahun terkahir itu omset bisa turun drastis, dan bisa dibilang ga ada untung. habis impas buat bayar gaji karywan dan muterin modal aja. Mau di stop juga waktu itu selain baru perpanjang ga tega ama karywan. Rasanya sedih juga kl liat mereka ga punya penghasilan lagi. alhmdlhhnya ketika tahun pertama masih profit aku dah siishin nabung2 dan hasilnya bisa buat nambahin biaya renovasi rumah waktu itu.

kalo diitung2 bisnis kuliner yg hanya model fudcourt kayak aku itu aja modalnya ga sedikit:
- Sewa tempat setahun itu Rp 9jt
- Modal beli peralatan warung komplit habis 10 jt lebih
- Modal bahan baku yg diputer tiap hari sekitar 500ribuan
- gaji karywan sebulan Rp 600ribu - 700rb/bln x 2, pernah juga punya 4 karyawan.
dll biaya printilan ...

dan bisnis ini bertahan hanya 3thn.
Bisnis seperti ini ternyata harus siap tenaga. Ga mungkin ditinggal tinggal, kl liburan bawaannya ga bisa liburan krn justru mikir sayang kl ga buka warung. Kl mau enak memang harus hired karywan yg menggantikan posisi kita dalm hal mengorntol, mengawasi dan memastikan smua sesuai standard nya. Kalo kita g apunya sistem dan SOP yg kuat ya jadinya seadanyanya aja. Ga kebayang kl punya resto gede kayak apa.Akhirnya bisnis ku pun ditutup denagan SUKSES :D

Apa bedanya dgn Oriflame?
Yang aku rasain apalgi aku IRT yg repot ama 3 anak yg ga mungkin terlalu bnyk mobile setiap hari -  ga punya pembantu pula - adlah biz oriflame menyediakan system dan fasilitas yg udh siap pakai jadi ga pusing mikirin system, mikirin kurir, mikirin paking, mikirn omset dan untungnya. semuanya siap pakai dan tinggal standby dirumah memaksimalkan fasilitas online offline yg sdh ada. Kerjanya juga ga sendirian kayak kerja rodi, tp di support ama club yg menyediakan semua fasilitas siap pakai.Itulah kenapa akhirnya aku merasa oriflame ini cocok buat biz masa depan ku, succes plannya membuatku bisa menentukan mau sebrapa tinggi level dan penghasilan yg ingin kita capai. dan mau kpn kita pensiun dini kita bs tentuin sendiri. Selagi kita ga bs ngerjain bisnis ini  pun bisnis kita ini tetap berjalan. ga ada kenal libur dan ga kenal siang malam. Itulah kenapa oriflame bisa memberikan masa depan passive income yg sepdan dgn kerja keras kita.

Apapun biz pada dasarnya tetap harus butuh focus dan kerja keras. Karena ga ada sukses yg bs dicapai dgn ongkang ongkang kaki. tapi paling tidak memulai sukses di oriflame itu modalnya tidak smpai harus habis puluhan juta seperti binis kuliner saya, karen asy hanya memulainya dgn Rp 39.900 saja dan skrg sdh memberikan sy penghasilan 7jt/bln plus Cash Award 7jt. Kalo kmrn aku smepet stress ninggalin bisnis kuliner dgn rugi puluhan juta, kl oriflame ga perlu bikin hati deg degan kan hany arugi Rp 39.900 saja kl kamu ga jalanin :D Tapi lebih baik dijalanin krn 39.900  bisa mewujudkan banyak impian kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISNIS MLM , WHY NOT?

Tarik napasss Hempaskan . . Jadi sejatinya ga ada teman yg bener2 tulus. Sebaik2 nya teman tetep aja ada yg merasa paling suci paling be...