Selasa, 02 Oktober 2012

Hidup itu INVESTASI

Minggu laliu aku ikut pengajian di komplek rumahku dan materi yg disampaikan oleh Ustadzah nya bener2 nyereppp kehati banget dan rasanya sepeti ketampar2 hahahaha:D yang paling membuatku tersadar adalah ketika ustadzah bilang bahwa hidup ini ternyata INVESTASI dan kita harus menyiapkan punya yg namanya passive income. only share yaaa... not doubt coz aku bukan ahli agama juga.


kalo ada yg berfikir hidup gw ikutin air mengalir, hidup gw ya gmn nanti aja deh, hidup gw ya gmn Tuhan aja. Keknya org yg berfikir kek gitu harus mulai baca dan memikir ini.karena ternyata agama pun ngajarin kita utk tidak 'hidup seadanya'.

Cob akita pikirin rata2 manusia hidup itu umurnya sampe berapa tahun?
40
50
60
ya lets say rata2 60 tahun

selama 60 tahun itu apakah 60 tahunnya itu semua utk mnegejar pahala? berguna buat sesama?
Sehari kita tidur berapa jam sih? 8jam ya
itu artinya 1/3 dr jatah hidup kita dipakai untuk T I D U R
1/3 dari 60 tahun loohh berapa tuh??? 20tahun TIDUR???
nah artinya kita hanya punya 40tahun utk mendulang pahala dan berbuat baik. 40 tahun nya itu blm dipakai masa kecil kita 10 tahun , habis lah kita ternyata cuma punya 30tahun buat memanfaatkan hidup.

Nah pikirin sekarang 30 tahun itu kita ngapain aja?Apa cukup waktu 30 tahun itu utk kita manfaatkan mendapat bahagia dunia dan akhirat? Mau nya kan kita bisa tetep dapat pahala yg mengalir walopun kita udah ga ada. karena masa2 kita mengumpulkan kerangjang2 pahala ya itu didunia ini.Tapi coba kita pikir eh ternyata sy baru baru 3thn ini ko pake jilbab, baru setahun ini aja rajin ngaji, baru 5thn aja rajin sholat.Belum sempet nih ngebahagiaan ortu, belum sempet nih naikin haji ortu, belum sempet nih bikin pesantren, sekolah gratis, masjid, panti asuhan, masih sibukkk kerja kerja dan kerja. Belum sempet nih sholat tanpa mikirn besok makan apa ya, besok lahiran ada duit ga ya? besok anak2 seklah di SD negri apa SD favorit? besok anak2 dikaish jalan cita2 yg tinggi atau disuruh memendam cita2 aja soalnya sy ga punya duit buat nyekolahinnya?  Cukup ga buat bekal di akhirat ? DATS Why kita harus berfikir utk punya passive income! Maksudnya??

Didunia ini ada ga yg g pake investasi?
Mau sekolah di PT ternama, kudu rajin belajar, investasi waktu dr SD - SMA dgn belajar.
Mau punya kerjaan bagus kudu sekolah yg rajin
Mau punya istri / suami soleh kudu beljar jadi pribadi yg sholeh dulu, kan permepuan yg baik utk laki2 yg baik.
Mau buka sekolah gratis kudu punya dana or cari yg mau sedekah
Mau punya anak soleh kudu mendiidk dr balita smapai dewasa
Mau berangkatin haji ortu kudu nabung
Mau masuk syurga kudu syahadat, sholat, puasa, berbuat baik, naik haji, zakat.

Sepertinya ga ada tujuan yg bs dicapai kl kita ga investasi dulu. Investasinya dlm bentuk apa? ya ilmu, waktu, dan biaya. Siapa yg menyianyiakan waktu maka dia seperti di tebas oleh pedang. Siapa yg menyia nyiakan hartanya maka hartanya ga bs membwanya kesyuga, siapa yg ga mengamalkan dan membagi ilmunya shg org yg diajarin itu mengambil manfaat dr ilmunya maka pahalanya ga mengalir meski dia sudah wafat. Mungkin itu juga ya kenapa dalam 1tahun Alloh menyediakan malam lailatul Qadr yg kal kita beramal shaleh dimalam itu maka pahalanya = 1000 bulan . subhanalloh kan... Alloh saja sdh mempersiapkan manusia agar punya simpanan pahla yg walo dia ga hidup lama tapi pahalanya segambreng.

Orang yg mau investasi otak alias mencari ilmu itu ternyata memang diangkat derajatnya sama Alloh.kalo kata MTGW Kualitas HATI ditentukan oleh kualitas OTAK itu kenapa org yg ilmunya sedikit maka hatinya lebih banyak mengikuti nafsu, lain dgn orang yg punya ILMU apa yg keluar dr mulutnya perkataannya adalha mencerminkan ilmunya.

Lantas ngapain sih ada yg ngoto banget keknya cari uang, ada yg menganggap tergila2 ama dunia mungkin. padahal pernah kah kita befikir itu dilakukan utk investasi dunia dan akhiratnya. Sudahlah jatha hidup sedikit trus maunya jadi tangan dibawahhhh teruss dgn dalih ga mau foya2 takut kl kaya masuk neraka. hmmm sepertinya Rosul ngajarin kl tangan diatas itu lebih baik drpd tangan dibawah.

INVESTASI !! dengan uang yg kita punya bisa menyekolahkan anak di seklah terbaiknya, mengatarkan mereka menjadi manusia yg tidak hanya kuat pribadi, sholeh tpi juga kuat financialnya. Sy pernah tulis dalam status uang memang bukan penentu kebahagiaan tapi indeed uang juga yg kita perlukan utk menjalankan kehidupan. Kalo semua muslim ga mau punya uang trus yg bayar zakat siapa? yg bikin pondok pesantren siapa? yg kasih sedekah siapa? Masa harus jadi tangan dibawah melulu?

DARE To DREAM BIG!!
Sya tertarik mau mengutip bbrp twit dr Ust. M Syafii Antonio  tentang perlunya kaum muslim kuat secar financial:
1,Karena banyak pertanyaan ttg sikap yg baik dlm respon terhadap film innocent of moslems saya akan sampaikan dlm bbrp posting,smg bermanfat.
2) Film ini sekali lagi menunjukkan URGENSI nya ummat islam harus KUAT dari sisi MEDIA GLOBAL dan Kemampuan FINANSIAL
3) Bayangkan jika YOUTUBE ditangan kita,bayangkan jika Flicker kita beli bayangkan jika FACEBOOK mlk ummat, bayangkan jika GOOGLE mlk kita
4) Bayangkan jika kita CNN milik kita, bayangkan jika FOX News dan BBC iklan nya terbesar dari kita, innocent of muslim tdk perlu muncul
5) Dan jika karya2 murahan seperti satanic verse, kartun rasul dll akan dikritisi dg tegas bukan di kasih angin atas dasar kebebasan yg liar.
6) Untuk itu kita hrs memiliki strategi jgka pendek, menengah dan panjang, dari sisi intelektual,finansial, legal dan political will yg kuat.

So dari situ aja kita bs berfikir, pantes ya kita masih sibuknya demo demo dan demo karena kita cuma bisa demo ... demo itu kan perwakilan dari selemah2nya iman yaitu menolak dgn hati. Padahal ada yg sekuat2nya Iman yaitu merubah dgn tangan atau kekuasaan. lahh gmn mau merubah kl secara financial aja lemahhh hanya mikirin makan sebulan. Ga berani mimpi lebih dr sebulan.

Sebaik2 hidup adalah yg bisa memberi manfaat bagi orang lain.
Berani lah bermimpi besar
Kalo ga punya uang apa yg harus diinvestasikan?
Kurangi jam tidur
Kurangi makan
Kurangin nonton
Kurangin ngomongin orang
investasikan Waktu, tenaga, pkiran selagi masih muda, kuat, sehat, utk mencetak anak2 yg punya pribadi dan financial yg kita inginkan agar mrk bisa dipandang dimata dunia.

Hidup itu memang investasi . seberapa banyak kita bisa berguna dan bisa memberi utk ornag lain insyaAlloh sebesar itu pun pahalanya mengalir terus kekita.Passive Income include pahala :)Allohu'alam bishowab...

1 komentar:

BISNIS MLM , WHY NOT?

Tarik napasss Hempaskan . . Jadi sejatinya ga ada teman yg bener2 tulus. Sebaik2 nya teman tetep aja ada yg merasa paling suci paling be...