Kamis, 09 Agustus 2012

Share - Ketika cari rumah sendiri

Tulisan ini aku buat hanya untuk share pengalamanku waktu cari rumah sendiri. Karena cari rumah ternyata ga mudah dan cocok-cocokan. Kaya nyari jodoh. Kalo sudah ketemu yang sreg biasanya ada aja kemudahan yg membuat kita bisa beli rumah sendiri.

Ngontrak , tinggal ama ortu or Beli rumah sendiri?
Kalo disuruh milih diantara 3 itu, kami memilih beli rumah sendiri. Tinggal ama ortu dah pernah dijalani, susah senangnya juga dah pernah dirasain, Yang jelas tinggal ama ortu ada enak ada enggaknya. Enaknya ya ga keluar uang buat kontrak, bayar listrik, n setumpuk rekening rumah lainnya. Ga enaknya ya kudu tau diri lah, ga bisa hanya berleha-leha sendiri sementar ortu sibuk didapur or kerjaan rumah. Ato kita ga bisa juga bebas menentukan 'gaya hidup' keluarga kita karena mo ga mau ortu pasti terlibat. Buat yg ga suka dicampuri pasti mesti banyak sabar deh.

Ngontrak? Pertama kali nikmat bangert karena seperti terlepas dari sangkar. Kita bebas menerapkan aturan untuk keluarga. Bebas mo nentuin gaya hidup kita. Mo rumahnya berantakan juga ga akan ada yg protes donk!. Belakangan ngontrak lumayan menguras kocek.Apalagi yg ngontrak dekat pusat kota. Setiap tahun musti ngeluarin biaya 6jt-10jt/thn atau setara 500rb - 800rban/bulan! Sayang juga donk kalo ngontrak 10 tahun berapa biayanya? rumahnya ga jadi milik pula!.

Akhirnya aku dan suami sedikit 'nekad'. Kami beranikan diri untuk ngambil perumahan alias nyicil rumah dengan KPR. Survey kesana kemari, mulai dari sawangan sampai cilengsi. dari cikarang sampe cibubur. Alhamdulillah ada juga yg cocok dengan kriteria rumah idaman kami. Herannya begitu nemu rumah yg sreg, Alloh seperti memberi kemudahan buat kami untuk membelinya, padahal tabungan belum cukup. Kami hanya sanggup menyisihkan sebagian gaji untuk cicilan bulanannya. Kami pikir apa bedanya? toh kalo kami tabung uang tersebut sampe uangnya banyak baru beli rumah, di jaman itu harga rumah pasti sudah lebih mahal dari jml tabungan kami. Nahhh lebih baik kelebihan tabungan itu langsung dipake buat nyicil. So, begitu cicilan selesai, rumah udah jadi milik n harga rumah kalo mo dijualpun sudah lebh tinggi dari harga ketika kami beli, tull ga?

Kriteria Rumah idaman Kami.
Bagaimana kriteria rumah idaman anda? ini penting karena kita ga mungkin mencoba semua daerah untuk tau cocok apa enggak.Aku dan suami termasuk yang rajin baca koran 'Poskota' tiap minggu untuk lihat info rumah second dijual, atau tiap ada pameran perumahan kami selalu kumpulin brosurnya. Semua info itu membuat kami tambah pusing untuk nentuin rumah idaman.Akhirnya kami buatlah coret-coretan kriteria. Ini kriteria yang cocok buat kami:

1. Lokasi di daerah Jabodebek wilayah selatan or bekasi Selatan. Pertimbangannya karena daerah tsb airnya masih bagus dan ga panas alias masih cukup adem.So,brosur2 or iklan yg posisi rumahnya bukan jaksel or bekasi selatan langsung kami singkirkan.

2. Dekat dengan akses toll. Ini penting karena kami punya sanak saudara yg berjauhan ( meskipun masih wilayah jakarta) tapi kalo kena macet kan ga enak la yaw! Kami juga berfikir kasian kalo ada acara2 dirumah kami, sementara akses ke rumah ternyata muacetttt ihhh...bikin males yg dateng.Karena itu juga wilayah depok yg semula favorit, jadi urung kami lirik karena ternyata depok sekarang ga senyaman depok ketika kami kuliah dulu. Macet, ga ada tol, kebanyakan mall.

3. Lingkungan cukup baik, bersih, aman dan nyaman.
Kami pernah survey ke daerah rambutan melihat rumah. Rumahnya sih cukup baik, harganya juga sedang, tapi daerahnya sempit, mobil susah masuk, dan agak kumuh. Untuk yang terakhir itu aku agak straight. Menginngat kami punya anak2 kecil, kalo dirumah kami setengah mati menjaga kebersihan sementara lingkungan sekitar ga mendukung, welehh2 cape dehhhh...

Survey...survey...kudu survey..
Untuk yang satu ini, aku dan suami pernah survey kemana2.
  • Pernah ke cikarang, wahhh daerah pabrik, panas, jauhhh, n airnya ga bagus. Ga jadi dehh
  • Pondok Ungu - Waktu itu survey naik motor, waduw jauhh banget, sampe badan pada semutan. Kejauhan n banjir pula.
  • Sawangan - Weleh22 meskipun adem dan asri, tapi aksesnya susah , ga ada tol yg dekat.
  • Depok - apalagi ini, udah banyak mall, ga ada toll, rame banget! Kasian suamiku kalo stress berangkat kerja udah jauh, macet.
  • Citra Indah Cilengsi - Daerahnya enak sih. adem, berbukit, udara bersih, air bagus. Tapi kejauhan !!!
  • Villa Nusa Indah - Sebenarnya udah cocok daerahnya, ga terlalu jauh, akses toll bisa dari Toll Jagorawi, lewat cibubur ato toll jatiwarna . Tapi entah kenapa kami kok dapet tanah yg ga bagus ya? akhirnya di cancel deh
Dari semua itu memang kebanyakan kami survey perumahan, dengan pertimbangan:
  • Lingkungan sudah tertata, jalan, listrik, telpon, satpam ada .
  • Biasanya perumahan itu dihuni oleh orang - orang yg sebaya, sehingga kami bisa bergaul lebih mudah dan merasa sama.
  • Bukan berarti tinggal di daerah kampung/bukan komplek ga bagus. Tergantung wilayahnya juga, ortu kami juga tidak tinggal diperumahan. Makanya kami sudah kenyang susah senangnya tinggal di wilayah umum.Pingin donk sekali-kali ngerasain di perumahan.
  • Selain itu, kalo mencari rumah di wilayah kampung umum tidak lebih mudah dari perumahan. Karena wilyah tersebut kita ga tau gmn, orang2nya dan banyak lagi pertimbangan.
Nyicil KPR ato Bangun sendiri?
Untuk yang ini, kami pilih nyicil aja karena pertimbangan diatas. Kecuali kalo anda punya uang banyak setelah nikah atao dapet warisan sih ga masalah. Yang jelas kalo bangun sendiri, mesti dipertimbangkan biayanya, tukang yg bagus kerjanya ( karena banyak tukang yg kerjanya asal jadi dan lama), Pengawasnya siapa, n yg jelas waktunya. yang pasti bikin sendiri biasanya lebih puas karena kita bisa lihat proses dan milih barang2 sendiri.Untuk hal itu aku dah pernah ngalamin gmn susahnya ortu bikin rumah sedikit demi sedikit.

Memang perumahan pun tidak selamanya bagus. Kualitas bangunan pun sering diragukan. Tapi kalo buat keluarga kecil yg baru nikah, masih bisa lah untuk 5- 10 thn selama anak2 masih kecil. nantinya Kalo mau direnovpun bisa ndah siap baik segi uang maupun mental anak2 untuk pindah sementara ato ikut menikmati debu2 renovasi.Kalo pun ngontrak sementara pasti ga akan lama.paling lama setahun untuk menunggu rumah benar2 siap selesai renovasi.

Yang jelas, apapun  cara anda mendapatkan rumah idaman, semua butuh pengorbanan, ada kelebihan dan kekurangannya. Tergantung yg sesuai dgn kemampuan anda.

Bukan mau berpromosi, Alhamdulillah kami sudah menemukan rumah idaman yg mendekati kriteria kami. Kami memilih tinggal di  Bekasi Selatan.
Daerahnya tepat di sisi toll Jorr Jatiwarna - Cikunir, Masih banyak pohon, adem, airnya bersih ( untuk cluster ku), ga banjir sampe ke dalam (hanya di jalan boulevardnya).Cukup aman, mau ke Pondok Indah, MM2000 cikarang cuma 15 menit. Ke cibubur , pondok gede, Mall cibubur junction , Tamini Square, Bandung deket. Cuma kualitas bangunan kurang bagus. Yahhh..itu peer kami kedepan. yang penting, saat ini cukuplah buat tempat kami berteduh. Kalo mo cari kurangnya sih manusia ga pernah merasa cukup. ya kan???

Selamat mencari rumah idaman

2 komentar:

  1. bekasi selatan nya tinggal di perumahan apa bu? tks

    BalasHapus
  2. enakan depok bu..akses kereta..TOL UDH DIBANGUN..dan tahap demi tahap selanjutnya
    ..Mall deket..pasar mbludak..akses gk susah..macet ?..ya relatif lah..

    BalasHapus

BISNIS MLM , WHY NOT?

Tarik napasss Hempaskan . . Jadi sejatinya ga ada teman yg bener2 tulus. Sebaik2 nya teman tetep aja ada yg merasa paling suci paling be...