Prosedur bikin SIM baru harus melalui uji praktek. Berikut yang dapat
saya rangkum berdasarkan pengalaman sendiri. Kebetulan lokasi cerita
berdasarkan test di SATPAS Daan Mogot Jakarta. Tapi untuk daerah lain,
mestinya sih sama2 aja, paling beda2 dikit.
Menurut informasi
yang Saya dapat, dan juga googling sana-sini, ujian praktek tuh cukup
sulit untuk dilalui. Apalagi banyak oknum petugas yang rese' shg Anda
selalu saja dinyatakan tidak lulus. Subyektif. Tapi kalo Anda beruntung
dapet petugas yang bersih, tidak mustahil Anda lulus uji praktek dgn
sukses pada kali pertama. (FYI, kemungkinannya keciiiiiiiiill).
Sebagian
besar uji praktek pada kali pertama tidak lulus. sebagian emang karena
oknum2 petugas test yang rese' karena Anda tidak melalui calo (artinya
tdk ada uang buat dia), atau juga karena Anda emang bener2 melanggar
rambu2 selama test. Biasanya Anda diminta datang 2 minggu lagi.
Artikel ini khusus buat Anda yang buat SIM A ngurus sendiri ya. Kalo via calo/perantara mah cuma formalitas dowank..... gak bisa nyetir pun lolos. Tapi biayanya khan juga lebih mahal...
Anda ingin coba dahulu agar ujian praktek SIM A bisa lulus? Simak yang berikut ini:
1. Umumnya mobil yang digunakan Toyota Kijang transmisi manual. Ya iya lah, kalo matic enak benerrr....
2.
Naik mobil jangan lupa langsung pasang Seatbelt sebelum nyalain mesin.
(banyak kasus kelupaan nih pasang seatbelt krn tdk terbiasa. kebetulan
saya sudah terbiasa selalu pasang seatbelt sejak dulu kerja di area
pertambangan dengan standar safety sangat ketat. jadi tangan udah
otomatis langsung narik seatbelt). Kalau Anda lupa, kayaknya sdh
dipastikan Anda tidak lulus.....
3. Duduk. Sebelum hidupin mesin,
jalan jangan lupa atur posisi Anda. Atur posisi tempat duduk sesuai
kebiasaan kaki Anda. Liat kaca spion kiri kanan, bila belum sesuai, bila
perlu Anda turun untuk mbetulin spion (terutama yg kiri). Ini penting
untuk test parkir......
4. Cek gigi netral, lalu nyalakan mesin.
5.
Sebelum bergerak. Anda HARUS nyalain sein ke kanan. Kalao lupa, sudah 1
kesalahan lagi Anda langgar. Aturannya katanya : "Sebelum bergerak,
kendaraan harus menyalakan lampu sein".
6. Jalan, pelan2 aja. Paling enak cukup pake gigi 2.
7.
Perhatikan marka jalan, jangan sampe memotong cat garis yg tidak
putus2. Kalau yg putus2, Anda boleh pindah jalur. Kalau petugas iseng
nyuruh ke kanan, jangan langsung di iya in. Balik tanya, "Pak, ini kan
marka jalan gak boleh pindah lajur?" gitu. kalau diijinin baru deh
laksanakan.
8. Kalau Anda menemukan rambu STOP, baik itu berupa
tiang ataupun ada tulisan cat di jalan, sebaiknya anda STOP (stop
artinya stop ya, bukannya masih jalan pelan) sebentar. lalu jalan lagi.
Biasanya ada di sebelum belokan, dan ada 2 di tanjakan & turunan...
9.
Setiap ambil belokan, jangan sampai Anda memotong jalur lawan. Nanti
pasti disalahin. Beloklah sesuai jalur belok Anda.JANGAN LUPA SELALU
NYALAIN SEIN SEBELUMNYA!
10. Di sana ceritanya ada perlintasan KA
(tapi boong2an). Jgn lupa untuk berhenti. Hati2, tandanya bukan berupa
rambu tanda XX di sebelah kiri ya, tapi ada tanda cat tanda XX di jalan,
trus ada cat2 kayak gambar rel di depannya. Saya aja miss nih di
sini.....
11. Trus ada juga lampu merah beneran. Hati2, jgn sampe gak lihat. Kalo letemu pas merah, ya stop dulu....
12.
Trus, ada tes tanjakan. Anda mesti stop di tanda STOP. hand brake,
pindahin ke gigi satu. Jalan lagi. Ingat! Jangan sampai mundur!. Biarpun
sedikit aja mundurnya, pasti disalahin.... Dan juga jangan jangan sampe
mati mesinnya, lebih parah lagi kesalahannya....trus pas turunan ada
lagi tanda cat STOP di jalan. Stop dulu bentar baru jalan lagi.
13.
Test parkir mundur. Nah yang ini harus berada di dalam dua garis
seperti umumnya tempat parkir. Sebaiknya langsung pas. LURUS. miring
dikit aja biasanya disalahin. Juga jangan kebanyakan maju mundur lagi.
Tips: gak usah buru2, pelan2 aja liat spion kiri/kanan. Yg penting
lurus.
14. Test parkir paralel. Ini rada susah. masalahnya
panjang tempat parkirnya pendek sekaleee.... saya sempet protes juga
"kok pendek banget ya pak". "emang segini kok". Nah Anda cuma dikasih
kesempatan DUA KALI maju/mundur. tips: buat yg biasa nyetir pasti tahu
kalo parkir paralel tuh jangan hidung mobil maju duluan, bakalan susah.
Tapi anda lewatin dulu duh tempat parkir sambil ancang2 mundur. lalu
mundur ambil maksimum jangkauan. lihat spion kiri kanan. mundur sampe
pol. Hati2, mentok di belakang. Lalu maju dikit2 sambil nglurusin.
Sebaiknya bener2 lurus dan di dalam garis, kalo gak disalahin tuh.....
15. Ada juga marka zebra cross. Sebaiknya pelan2 lewatinnya, kalo kebeneran ada orang nyebrang. Stop dulu.
16.
Di daerah lain, setau saya ada tes maju zig-zag nglewatin patok dan
juga mundur zig-zag ngelewatin patok. Patoknya tuh biasanya deket2 bgt
loh ya jaraknya. Nah disini keahlian ngeliat spion mesti lihayy. Kalau
maju sih mungkin Anda bisa. Tapi pas mundur... hhmmm mesti ada tips :
mundur pelan2, begitu anda liat patok kanan usahakan sedekat mungkin dgn
body belakang kanan. lihat spion kanan, begitu udah lewat +- 1/2 body,
langsung banting abisin stir ke kanan. trus sambil lihat2 patok kiri,
lakukan hal yg sama. Tips : jgn terlalu jauh kelewatan patoknya baru
banting stir, pasti tekor.... gak nyampe buat patok selanjutnya.
Kira2
segitu deh testnya. Kalau ternyata Anda dinyatakan tetap gak lulus
meskipun udah coba berkali2. Wah berarti Anda emang sedang dalam
permainan oknum2 petugas. Kalau Anda berani ngotot untuk minta ketemu
PAUR UJI Praktek, biasanya oknum petugas tuh agak2 takut.
Tapi
kalo Anda tidak punya waktu luang, setelah Anda dinyatakan tidak lulus,
yah terpaksa cari jalan belakang deh. Kisarannya 100 s/d 150rb. Kertas
tidak lulus Anda, pasti diganti jadi Lulus. Ajaib. puffff....Indonesia.
Selamat mencoba.
Artikel yang bagus.. izin share di http://www.ujiansim.ekajayaberrindo.com ya sist ;) sukses selalu...
BalasHapusgan saya gagal di prakteknya, ada tips lain hak untuk parkir mundur yg serong?? saya gagal di situ,,, untuk teori alhamdulilah langsung lulus hehe
BalasHapusijin save bu.
BalasHapusijin save bu.
BalasHapusizin copy...
BalasHapusizin copy...
BalasHapusWah serem nih,
BalasHapusBuka linknya
http://dmgmebeljepara.com
Wah serem nih,
BalasHapusBuka linknya
http://dmgmebeljepara.com
Saya ujian teori lulus dg nilai 24 , soal2 ada di google buka aja disana dan pelajari ,untuk ujian praktek 2x msih gagal krn mundur zig zag agak susah , jk nnti ke 3x gk lulus juga mungkin saya ini kebangetan banget deh.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusBermanfaat. Makasih sharenya Gan.
BalasHapus